Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga yang Baik dan Benar


Rumah tangga merupakan salah satu tempat penghasil sampah paling besar. Sampah rumah tangga ini telah menjadi salah satu masalah pada pemerintah kota besar dan menjadi sumber keributan atau perang dingin antara pemerintah kota. Efek sampah yang signifikan ini juga bisa menghasilkan sesuatu yang positif.

Para pengelola sampah di berbagai kompleks perumahan dapat meraup keuntungan harian yang cukup besar sehingga kehidupan mereka menjadi terjamin. Sampah yang sering dianggap menjijikkan ini juga dapat dijadikan sesuatu yang lebih baik dengan penanganan yang tepat. Beberapa ide berikut dapat membantu dalam mencari inspirasi pengelolaan sampah.

Jenis-Jenis Sampah Rumah Tangga


Terdapat sejumlah pembagian untuk mengelompokkan sampah rumah tangga. Pengelompokan ini dilakukan untuk memudahkan proses daur ulang dan pemanfaatan sampah-sampah tersebut. Dilansir dari Rumah123.com, Berikut kategori umum sampah yang saat ini dikenal luas di Indonesia:
  • Sampah basah meliputi semua sampah rumah tangga yang bisa dihancurkan secara alami termasuk ke dalam kategori ini. Sisa makanan adalah contoh umum sampah basah.
  • Sampah kering adalah jenis sampah yang tidak bisa dihancurkan secara alami. Plastik, kabel dan berbagai macam pembungkus makanan yang bukan kertas adalah contoh sampah kering.
  • Sampah lembut: sampah ini merupakan jenis yang mudah berkembangan karena berukuran kecil dan ringan.
  • Sampah besar adalah sampah berukuran besar. Biasanya merupakan perabotan rumah tangga yang sudah rusak.

Mengelola Sampah Rumah Tangga


Mengelola sampah rumah tangga bisa dilakukan dengan mengambil langkah daur ulang atau melakukan penjualan barang-barang yang sudah tidak diperlukan. Bisa juga dilakukan dengan mengubah sampah tersebut menjadi sesuatu yang dapat dijadikan uang.

Menjual sampah adalah salah satu bentuk tindakan terbaik yang dapat dilakukan dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Sampah tidak selalu berbentuk buruk dan berbau busuk. Beberapa jenis sampah ini masih layak pakai tapi tidak lagi digunakan di rumah anda karena alasan tertentu. Barang-barang seperti ini bisa dibuat menjadi sumber penghasilan tambahan. Ada aplikasi khusus untuk penjualan barang bekas yang bisa cocok digunakan dalam membuat sampah ini berubah menjadi uang jajan tambahan.

Sampah organik yaitu sampah yang dapat diubah menjadi pupuk. Segala jenis sampah organik bisa diperlakukan dengan cara ini. Semua jenis sayuran atau sisa masakan dan makanan akan menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan pupuk. Ide menggunakan sampah organik ini membutuhkan sebuah lubang pembusukan yang digali sendiri kemudian semua sampah organik dimasukkan ke dalam beserta bakteri yang dapat memberikan fungsi sebagai penghancur bahan organik ini.

Sampah yang memiliki sifat anorganik dapat dengan mudah diubah menjadi uang. Jenis sampah rumah tangga ini memiliki sifat yang beragam dan sering dijadikan berbagai bahan kerajinan. Sudah banyak UMKM yang mencari uang dengan bahan dasar sampah seperti ini. Berbagai macam barang juga dapat dihasilkan dari sampah ini mulai dari tempat pensil sampai tas plastik. Ide ini bahkan bisa dijadikan sebuah industri besar jika dikelola dengan baik.

Pengelolaan sampah pada masa kini adalah sesuatu yang sangat penting. Segala macam sampah dan produk sampah memiliki fungsi yang berbeda dengan kemajuan teknologi. Menggunakan sampah untuk keperluan yang lebih baik adalah salah satu jalan untuk membuat sampah rumah tangga dapat dikurangi dan dijadikan berbagai hal yang diperlukan dalam kehidupan rumah tangga. Pengelolaan sampah rumah tangga dapat dilakukan sendiri tapi bagi yang tidak memiliki waktu dapat menyalurkannya pada pengepul sampah supaya dapat dijadikan penghasilan tambahan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga yang Baik dan Benar"

Post a Comment