Tertarik dengan Mobil Second Murah? Berikut 5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Menyesal!


Penting untuk Anda ketahui, bahwa ada banyak hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil dalam kondisi bekas, terlebih lagi jika mobil second murah tersebut harganya di bawah pasaran seharusnya. Hal ini dikarenakan tidak jarang terdapat kasus penipuan, maupun menyesal di kemudian hari hanya karena gegabah dan tidak teliti pada saat membeli mobil bekas karena tergiur dengan harga murah yang di tawarkan.

Sudah menjadi hal umum jika mobil bekas memiliki minus dalam komponen tertentu, sehingga sebaiknya Anda mengetahui kekurangan mobil sebelum membelinya agar dapat mengetahui biaya perbaikan yang diperlukan atau dampak apa saja yang mungkin dapat terjadi karena minus mobil tersebut. Bahkan, sangat disarankan bagi para calon pembeli untuk bertanya secara mendetail mengenai kondisi interior dan eksterior mobil pada penjual agar tidak terjadi penyesalan setelah melakukan transaksi.



Mendapatkan mobil bekas berkualitas memang bukan hal yang mudah, terlebih lagi jika Anda hanya memiliki pengetahuan yang minim dalam dunia otomotif. Akan tetapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan kita bahas 5 poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil bekas harga murah agar tetap dapat digunakan maksimal sesuai kebutuhan, antara lain:

  1. Meskipun didesak kebutuhan untuk segera memiliki kendaraan pribadi, namun Anda sangat tidak disarankan terburu-buru dalam memilih unit mobil bekas dan melakukan kesepakatan. Teliti dengan seksama setiap bagian mobil, terutama mengenai performa mesin dan kualitas komponen utama lainnya.
  2. Meminta test drive atau uji coba kendaraan adalah hal wajib yang harus Anda lakukan terutama jika unit mobil second murah tersebut dipasarkan dengan berbagai keunggulan.
  3. Pastikan semua spesifikasi mobil yang tertera dalam deskripsi penjualan sesuai dengan kondisi nyata. Umumnya pada beberapa kasus ada berbagai komponen yang telah dimodifikasi sehingga tidak dapat berfungsi dengan normal sesuai standar pabrik.
  4. Beberapa bagian yang sering terlewatkan seperti sistem pendingin, kelistrikan, kelengkapan mur dan baut adalah komponen mobil yang tidak boleh terlewatkan untuk diperiksa sebelum melakukan transaksi.
  5. Kemudian langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengajak orang yang lebih ahli atau memiliki pengalaman mendalam mengenai dunia otomotif mobil untuk semakin memastikan kondisi mobil masih dapat digunakan dengan baik sesuai fungsinya.

Meskipun terkesan sepele, namun tidak ada salahnya jika Anda menanyakan asal usul mobil bekas tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi seperti jika mobil yang akan Anda beli berasal dari daerah rawan banjir atau bencana alam lainnya, maka biasanya sebagian besar komponen akan lebih mudah turun performanya. Sehingga Anda dapat mengganti pada pilihan unit mobil bekas lainnya yang lebih minim resiko.

Sebelum melakukan kesepakatan transaksi, Anda jangan lupa untuk meminta dokumen atau surat lengkap mobil yang harus masih berlaku dan diakui sah secara hukum. Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian dokumen tersebut adalah dengan melakukan pemeriksaan ke kantor Samsat terdekat, karena hasil uji dan pengecekan pihak Samsat akan lebih akurat dan terjamin.

Demikian ulasan mengenai 5 poin penting yang harus Anda perhatikan jika tertarik ingin membeli mobil second murah agar tidak menyesal. Anda dapat menjadikan berbagai langkah diatas sebagai referensi jika saat ini sedang akan melakukan transaksi pembelian mobil dengan pihak tertentu. Jika Anda teliti dan jeli, maka sudah pasti akan bisa mendapatkan unit mobil bekas harga miring kualitas bersaing.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tertarik dengan Mobil Second Murah? Berikut 5 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Agar Tidak Menyesal!"

Post a Comment