Sebab Munculnya Penyakit Kulit Herpes dan Cara Mengobatinya dengan Cepat



Kulit merupakan organ yang paling besar dan luas dari tubuh manusia. Fungsi kulit adalah sebagai jaringan paling luar yang melindungi jaringan di bawahnya dari pengaruh lingkungan secara langsung. Setiap saat kulit mendapatkan kontak dari lingkungan luar yang bisa jadi membawa pengaruh buruk untuk kesehatan. Selain dari luar, kesehatan kulit juga bisa berhubungan dengan kondisi dalam tubuh manusia. Salah satu penyakit kulit yang mudah terjadi dan menular adalah penyakit kulit herpes yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Apa sebab herpes dan bagaimana cara mengobatinya?

Herpes adalah penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik bening atau putih pada kulit dalam jarak yang dekat atau bergerombol. Bintik ini bisa menyebar seiring dengan keparahan yang terjadi. Bintik kecil juga bisa membesar hingga terlihat benjolan dengan cairan di dalamnya. Kulit di sekitar bintik-bintik akan memerah disertai rasa panas dan gatal. Sering kali rasa gatal dan panas dirasakan terlebih dahulu sebelum munculnya bintik di kulit. Penyebab penyakit ini adalah virus Herpesviridae yang dapat menginfeksi kulit manusia terutama di bagian mulut, wajah dan kelamin. Untuk herpes yang terjadi di bagian kelamin disebut juga dengan herpes genitalia.

Untuk mengetahui cara mengobati penyakit ini, Anda terlebih dahulu harus tahu cara penularannya, karena sebagian besar kasus herpes terutama herpes genitalia disebabkan karena penularan oleh penderita herpes. Meski mudah menular, namun untuk herpes simplex yang terjadi di kulit atau muka dan mulut, tidak akan mudah menulari hanya dengan menyentuh barang-barang yang telah disentuh penderita herpes sebelumnya. Herpes akan mudah menular melalui:

  • Berciuman dengan penderita herpes di bagian mulut atau wajah.
  • Menggunakan sex toys secara bergantian dengan penderita herpes genitalia.
  • Melakukan hubungan sex dengan penderita herpes genitalia.
  • Melakukan seks oral dengan penderita herpes genitalia.
  • Melalui kelahiran dari ibu dengan herpes genitalia kepada bayinya.

Selain karena sebab di atas, herpes juga bisa terjadi akibat paparan virus yang menyerang manusia saat memiliki kekebalan tubuh rendah. Semakin rendah sistem pertahanan tubuh maka herpes akan bertahan semakin lama.

Meski herpes simpleks bisa menjangkiti siapa saja yang memiliki sistem imun rendah, namun terdapat orang dengan faktor resiko tinggi dengan kategori sebagai berikut:

  • Berusia lebih dari 50 tahun.
  • Memiliki jenis kelamin perempuan.
  • Penderita gangguan sistem imun seperti hiv.
  • Masih menjalani pengobatan dengan kemoterapi yang menurunkan sistem kekebalan tubuh.
  • Memiliki banyak pasangan seksual.
  • Memiliki penyakit kelamin lainnya.
  • Mengkonsumsi obat-obatan kortikosteroid dalam waktu yang lama.

Lalu bagaimana cara mengobati herpes? Untuk mematikan virus, sebenarnya Anda bisa melawannya dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh seperti mengkonsumsi buah-buahan atau suplemen. Namun agar lesi atau bintik pada kulit segera kering dan hilang, Anda bisa mengoleskan salep berisi Acyclovir atau mengkonsumsi tabletnya 2 kali sehari. Selain itu Anda juga bisa menggunakan daging lidah buaya untuk mempercepat bintik menjadi kering.

Selain penyakit kulit herpes, masih banyak jenis penyakit kulit lainnya. Banyak jenis penyakit kulit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh sehingga memperkuat sistem imun merupakan cara agar Anda tak mudah memiliki masalah dengan kesehatan kulit. Selain itu konsumsi buah-buahan untuk mensuplay vitamin dan mineral sebagai unsur yang dibutuhkan sistem imun dan kulit untuk melakukan regenerasi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebab Munculnya Penyakit Kulit Herpes dan Cara Mengobatinya dengan Cepat"

Post a Comment