Cara Merawat Gypsum dan Memilihnya



Gypsum board atau sebuah papan material yang juga digunakan sebagai sebuah lapisan dinding interior maupun penutup dalam dinding batu bata. Penggunaan material ini memang kian populer karena memiliki begitu banyak kelebihan. Bahkan harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau dan membuat papan material ini lebih disukai oleh masyarakat dengan alasan untuk menekan pengeluaran akan bahan bangunan.

Mengenal Proses Pembuatan Material Gypsum

Untuk bahan pembuatan utama dari papan ini adalah kalsium sulfat. Bahan ini nantinya bisa Anda peroleh dengan cara ditambang dari dalam tanah serta memiliki kandungan Kristal air sebanyak kurang lebih 20%. Dari pertambangan, material papan ini langsung menjalani sejumlah proses penghancuran serta pengeringan.

Setelah itu, akan diberi tambahan air serta beberapa macam material lainnya agar tercipta sebuah material baru yang juga dinamakan sebagai plaster Paris. Selanjutnya, plaster Paris ini akan dijepit menggunakan alat khusus serta akan terbentuk sebuah papan yang Anda inginkan ini. Dalam bentuk jadi, papan ini memiliki 4 pilihan yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

  •   Tipe X yang memiliki ketahanan paling bagus terutama tahan terhadap panas api.
  •    Vapor Barrier yang biasanya akan dilapisi dengan lapisan foil agar tidak mudah         lembap.
  •   Anti Air yang sudah dipastikan sangat cocok untuk digunakan pada bagian dalam       kamar mandi dan juga dapur.
  •  Exterior yang seringkali digunakan sebagai atap, sofit, serta langit-langit ruangan. Adapun untuk ukurannya terbagi menjadi beberapa jenis. Hanya saja yang paling sering dijual di pasaran ini memiliki ukuran sekitar 1,2 x 2,4 m serta ketebalannya antara 8 sampai 12 mm. Meskipun ukurannya yang terbilang sangat terbatas, hanya saja papan jenis ini sangat mudah untuk dipotong dan menyesuaikan dengan kebutuhan.
Plafon ini bisa digunakan mulai dari beberapa jenis rumah yang sederhana sampai dengan rumah yang mewah. Bukan hanya itu saja, bahan yang terbuat dari kalsium sulfat ini bisa membuat plafond partisi nantinya jauh lebih indah. Harga plafond material ini pun relative bersaing dibandingkan dengan beberapa bahan lain dengan fungsi yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan Plafond Gypsum

Kelebihan dari material ini tentunya jauh lebih fleksibel untuk dibentuk sesuai dengan apa yang diinginkan oleh para perancang. Selain memiliki daya tahan serta tingkat stabilitas yang tinggi, jenis plafond partisi dari material ini juga sangat cocok digunakan untuk memperindah tampilan awal dari interior bangunan yang akan Anda bangun.

Maka dari itu tidak heran apabila plafond dari jenis ini bisa diminati oleh banyak orang. Akan tetapi, bahan material plafond ini memiliki kelemahan yaitu tidak tahan terhadap air. Sedangkan jika nantinya sudah terjadi rembesan air dari atap mengenail plafond partisi ini, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah Anda terasa jauh lebih nyaman untuk dihuni bahkan sangat menarik untuk dipandang.

Solusi yang bisa dilakukan pada saat Anda ingin rumah mendapatkan tampilan yang menarik. Maka pasanglah sebuah plafon. Plafon ini sendiri adalah bagian rumah yang terletak diantara lantai dan juga atap. Fungsi dari plafond ini sendiri digunakan untuk menghalangi pandangan mata ke atap sehingga ruangan pun bisa terlihat jauh lebih rapi. Sudah lama plafond ini juga digunakan untuk merapikan rumah. Bahkan desain rumah apapun sangat cocok menggunakan material satu ini.

Pentingnya Merawat Plafond Gypsum

Plafond dengan bahan material yang sudah Anda pasang harus dirawat dengan sebaik mungkin. Hal ini dilakukan agar plafons tersebut awet serta tidak akan mudah rusak. Mengingat biaya pembuatannya yang mahal, Anda wajib merawat plafond dari jenis maupun material ini dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan plafond yang ada di rumah Anda tiba-tiba rusak dalam sekejap mata karena Anda lalai dan malas untuk merawatnya.
Plafond dengan bahan maupun material yang sudah terlanjur rusak tentunya akan sulit untuk diperbaiki. Jadi, beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk merawat plafond dengan material yang terbaik ini adalah:


·         Membersihkan Plafon Secara Rutin

Seiring berjalannya waktu, permukaan dari plafon pastinya akan dikotori oleh sejumlah partikel debu sedikit demi sedikit. Mungkin selang sehari dua hari kotoran tersebut masih tidak akan terlihat. Hanya saja, apabila Anda membiarkannya terlalu lama, maka kotoran tersebut akan menghitam di beberapa sudut plafon.

Akan sulit bagi Anda untuk membersihkannya. Jadi, sebelum terbentuk noda membandel yang ada di plafon, sebaiknya membersihkan permukaannya secara rutin. Gunakanlah sapu khusus untuk membersihkan plafon agar jauh lebih mudah.

·         Membersihkan Sarang Laba-Laba

Hewan laba-laba sangat senang membuat sarang yang berada di dalam rumah. Biasanya serangga ini bahkan akan membangun sarangnya tepat di depan sumber cahaya. Mereka memiliki tujuan agar beberapa serangga lain yang hendak menuju ke sumber cahaya tersebut akan terperangkap di dalam sarang laba-laba. ‘

Bahkan untuk plafon yang ada di dalam ruangan pun tidak luput dari para laba-laba untuk membuat sarang. Anda tentunya tidak boleh membiarkan keberadaan sarang laba-laba ini bertahan lebih lama di rumah Anda. Karena sarang laba-laba ini juga akan mengotori permukaan dari plafon yang Anda miliki.

·         Memperbaiki Atap yang Bocor

Plafon terletak persis di bawah atap. Jadi, jika atap akan bocor, maka air akan langsung mengenai bidang plafon. Plafon dengan material ini memang tahan akan air, hanya saja jika harus menahan air yang jatuh secara terus menerus seringkali mengakibatkan struktur atau daya tahan mereka menjadi lebih lemah. Bahkan plafon tersebut juga tidak akan kokoh lagi serta gampang rusak dan juga berlubang.

Bukan hanya itu saja, bahkan plafon yang sering tersiram air hujan juga memiliki permukaan yang akan bergelombang. Kemudian, warnanya pun akan berubah menjadi kecoklat-coklatan. Jadi, apabila plafon yang Anda miliki sudah mulai berlubang, segeralah untuk mengatasinya dengan cara memperbaiki dan menambalnya sebaik mungkin.

Demikianlah informasi tentang salah satu material di dalam pembangunan rumah yang bisa Anda beli. Material ini adalah material terbaik bahkan memiliki beberapa kelebihan termasuk memiliki daya tahan yang lama. Untuk itulah, Anda wajib menerapkan tentang cara merawat gypsum plafon yang Anda miliki.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Gypsum dan Memilihnya"

Post a Comment