Pertimbangkan 6 Hal Ini Ketika Memilih Asuransi Perjalanan



Tak ada yang bisa menduga kapan musibah datang. Bisa saja terjadi saat Anda tengah berada di dalam perjalanan. Mengingat hal ini, ada baiknya Anda melindungi diri dengan asuransi perjalanan. Namun, sebelum berencana memilih dan membeli asuransi perjalanan tersebut, alangkah baiknya pertimbangkan dulu beberapa hal ini agar Anda bisa mendapatkan layanan asuransi perjalanan terbaik. Simak, yuk!
1.   Cakupan Proteksi yang Ditawarkan Penyedia Asuransi
Dikarenakan tujuannya untuk melindungi Anda atas terjadinya kemalangan saat berada di perjalanan, tentulah Anda harus tahu betul cakupan proteksi yang diberikan. Pilihlah asuransi yang memberikan proteksi maksimal untuk penggunanya. Tak hanya untuk keselamatan diri Anda sebagai pelanggan asuransi, namun juga atas barang bawaan yang Anda bawa ketika bepergian. 
Ada beberapa cakupan proteksi yang umum diberikan oleh penyedia jasa asuransi perjalanan. Pertama, jaminan medis saat tertimpa kecelakaan di perjalanan. Kedua, biaya rumah sakit jika jatuh sakit di perjalanan. Ketiga, ganti rugi atas kehilangan atau keterlambatan bagasi. Keempat, ada jaminan evakuasi medis jika saat Anda berlibur terjadi keadaan yang genting dan membahayakan.
2.   Proteksi Tambahan dengan Penambahan Premi
Beberapa asuransi memberikan penawaran proteksi tambahan pada nasabahnya, tentunya dengan penambahan premi. Proteksi tambahan yang dimaksud seperti pembayaran ganti rugi atas kendaraan yang hilang di rumah ataupun rusak karena bencana alam yang terjadi saat bepergian. Jika Anda memang membutuhkan proteksi seperti ini carilah produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
3.   Besaran Cicilan Premi yang Harus Dibayar Setiap Bulan
Besarnya besaran premi yang harus Anda cicil setiap bulannya tentu harus masuk dalam pertimbangan Anda sebelum membeli asuransi perjalanan. Biasanya, terjadi perbedaan besaran pembayaran premi sesuai dengan cakupan perlindungan serta besaran ganti rugi yang diberikan. Bandingkan dulu beberapa penyedia jasa asuransi perjalanan barulah kemudian pilih salah satunya.
4.   Lama Waktu Perlindungan yang Diberikan Asuransi Perjalanan
Asuransi perjalanan memiliki batas waktu berlakunya. Ada yang hanya berlaku untuk hitungan hari saja, namun ada juga yang berlaku hingga hitungan bulan. Nah, pilihlah asuransi perjalanan yang masa berlakunya sesuai dengan waktu perjalanan Anda. Cari tahu juga, apakah asuransi perjalanan tersebut dipakai untuk 1 kali perjalanan saja atau bisa lebih dari itu.
5.   Resmi atau Tidaknya Penyedia Jasa Asuransi Perjalanan
Jangan sampai Anda tertipu oleh penyedia jasa asuransi perjalanan yang abal-abal. Pilihlah jasa asuransi perjalanan yang sudah mendapatkan izin resmi untuk beroperasi dan juga diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Cara mengetahui legalitasnya cukup mudah kok. Anda tinggal kunjungi situs resmi OJK dan cari apakah penyedia asuransi tersebut terdaftar atau tidak.
6.   Prosedur Klaim Asuransi yang Praktis dan Tak Ribet
Salah satu tahap yang membuat banyak orang kecewa dengan penyedia jasa asuransi perjalanan yang mereka gunakan adalah ribetnya proses klaim. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli asuransi perjalanan tertentu, cari tahu dulu bagaimana prosedur klaimnya. Saat ini, cukup banyak tersedia asuransi perjalanan yang klaimnya begitu praktis bahkan bisa dilakukan via online saja.
So, jangan asal memilih penyedia jasa asuransi perjalanan jika tak ingin menyesal saat melakukan klaim nantinya. Agar bisa mendapatkan pelayanan dari asuransi perjalanan terbaik, Anda bisa mempertimbangkan 6 hal penting yang sudah dipaparkan di atas. Dengan memilih asuransi perjalanan yang tepat, tentu perjalanan Anda akan terlindungi begitupun dengan barang yang ditinggalkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertimbangkan 6 Hal Ini Ketika Memilih Asuransi Perjalanan"

Post a Comment