Apa Saja Tes Deteksi Covid 19? Cek Informasinya di SehatQ.com

 


Saat ini ramai diperbincangkan soal tes yang dilakukan, untuk mendiagnosa seseorang diserang virus covid 19 atau tidak. Tapi, masih banyak yang bingung apa saja jenis tes tersebut karena cukup banyak dengan prosedur yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasan lengkapnya dari SehatQ.com.

Sama halnya dengan semua jenis penyakit yang masuk ke dalam direktori penyakit, masing-masing punya cara deteksi yang berbeda-beda. Gunanya tentu untuk memberikan pengobatan yang tepat sasaran, begitu juga dengan penyakit yang disebabkan virus Corona dan masih jadi pandemi dunia saat ini.
6 Tes Deteksi Covid 19

Enam jenis tes berikut ini, dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang sudah terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut atau tidak. Setiap tes memiliki prosedur masing-masing yang penting untuk diketahui.

1.         Rapid Test

Tes ini dilakukan untuk deteksi awal, apakah seseorang membawa virus tersebut di dalam tubuhnya atau tidak. Tapi akurasinya sangat variatif, berkisar antara 33 persen hingga 93 persen.

Prosedurnya dengan mengambil sampel darah dari orang yang mengalami gejala, biasanya darah diambil dari ujung jari atau pembuluh darah jenis vena di bagian tangan.

Rapid test sudah dilengkapi alat khusus, sehingga ketika darah diteteskan pada alat, hasilnya bisa didapatkan dalam waktu singkat yaitu sekitar 15 menit dari awal tes dilakukan.

Ketika seseorang dinyatakan positif pada tes ini, maka dia akan melanjutkan rangkaian tes berikutnya untuk memastikan kondisi tubuh apakah memang terjangkit atau tidak.

2.         Rapid Swab Test

Prosedur tes ini dengan mendeteksi protein dari virus melalui tenggorokan, alat akan dimasukkan ke dalam tenggorokan kemudian cairan yang didapat akan diperiksa melalui alat khusus. Hasil pemeriksaan dari tes ini biasanya berkisar 30 menit usai tes dilakukan. Sayangnya, akurasi hasil tes ini sangat rendah karena maksimal hanya 80 persen saja.

3.         Antibody Serology Test

Mirip dengan rapid test, karena dilakukan dengan mengambil sampel darah melalui pembuluh vena. Jarang yang memilih ini karena akurasinya kurang maksimal, ditentukan oleh waktu seseorang melakukan antibody serology test tersebut.

4.         PCR Test (SWAB)

Fungsi dari tes ini adalah untuk mendeteksi adanya material genetik dari virus covid 19 tersebut. Prosedurnya dengan mengambil cairan dari bagian hidung dan tenggorokan, dengan akurasi yang sangat tinggi yaitu mencapai maksimal 98 persen.

5.         CT Scan

Tes ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil dari PCR test, dimana bagian dada akan dicek dengan alat khusus untuk melihat apakah ada indikasi virus atau tidak.

6.         Rontgen

Sama halnya dengan CT scan, rontgen juga dilakukan untuk mengecek kondisi paru-paru, apakah terdapat cairan yang mengindikasikan virus tersebut atau tidak. Gunanya untuk akurasi pengobatan bagi pasien.

3 Kategori Wajib Tes Covid 19


Tidak semua orang harus menjalani tes di atas, diutamakan pada tiga kategori berikut ini:

  • Kategori Suspek

Yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan ke daerah tertentu dalam 14 hari sebelumnya. Kemudian mengalami masalah pernafasan yang masuk kategori Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Bisa juga orang yang mengalami gejala ISPA dan pernah melakukan kontak dengan pasien Covid 19.

  •  Kategori Probable

Adalah kelompok orang dengan ISPA parah dan mengalami gagal pernafasan akibat cairan pada paru-paru.

  • Kontak Erat

Yaitu orang yang pernah bertemu langsung dengan orang pada kategori probable, dalam waktu lebih dari 15 menit tanpa menggunakan masker atau pelindung lainnya. Bisa juga orang yang pernah menyentuh pasien, memeriksa pasien, hingga situasi kontak lainnya.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda, untuk penjelasan lebih lengkap dan update seputar Covid 19 Anda bisa cek langsung melalui SehatQ.com. Memperbanyak informasi tentang penyakit ini, akan semakin meningkatkan kewaspadaan Anda agar bisa menghindarinya sedini mungkin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Tes Deteksi Covid 19? Cek Informasinya di SehatQ.com"

Post a Comment